Home » Tips Praktis Kreatif » Penyimpanan Bahan Makanan Di Dalam Kulkas (Bagian 2)

Penyimpanan Bahan Makanan Di Dalam Kulkas (Bagian 2)

iklanRMP1 tips praktis kreatif  Penyimpanan Bahan Makanan Di Dalam Kulkas (Bagian 2)iklanRMP5 tips praktis kreatif  Penyimpanan Bahan Makanan Di Dalam Kulkas (Bagian 2)
 Powered by Max Banner Ads 

Bahan makanan yang dibeli di pasar atau supermarket, seringkali tidak langsung dimasak atau memang belanja untuk stok beberapa hari. Bila tidak langsung dimasak bahan-bahan tersebut memang sebaiknya disimpan di dalam kulkas supaya tahan lama, tapi berapa lama boleh disimpan di dalam kulkas?

Seringkali kita lupa berapa lama bahan tersebut sudah tersimpan dalam kulkas. Jika sudah terlalu lama, bahan makanan tersebut tentunya akan berubah dan tidak layak untuk dikonsumsi.
Berikut panduan penyimpanan bahan makanan di dalam kulkas.

Bahan makanan/makanan matangDidinginkanDibekukan
Ikan segar1-2 hari5-8 bulan
Udang segar1-2 hari2 bulan
Lobster dan kepiting1-2 hari1-2 bulan
Kerang, scallops1-2 hari2-5 bulan
Butter, salted2 minggu3 bulan (6 bulan bila unsalted)
Telur utuh2-3 minggu6-7 bulan
Putih telur1 minggu6-7 bulan
Kuning telur2-3 hari6-7 bulan
Susu segar3-4 hari2 minggu
Keju cheddar1-2 bulan5 bulan
Cream cheese2 minggu2 minggu
Cheese spread1-2 minggu1-2 bulan
Keju lembut (Camembert&Brie)2 minggu2 bulan

Sebelum disimpan, cuci  bersih ikan dengan air dingin, keringkan dengan kertas tissue lalu bungkus dengan kertas minyak atau kertas berlapis plastik.

Untuk dibekukan: udang paling baik  dibekukan dalam keadaan mentah, kepiting dan lobster rebus tanpa garam, dinginkan dalam kulkas, keluarkan dagingnya dari cangkang sebelum dibekukan. Kerang dan scallops keluarkan dari cangkangnya lalu bekukan, jika masih ada cairannya, biarkan masuk dalam bungkusan. Beri tanggal pembelian dan penyimpanan.

Simpan telur dalam kemasan karton, kalau dari plastik, keluarkan. Untuk dibekukan keluarkan dari kulit, tambah 2 sdt gula atau 1 sdt garam, kocok, lalu simpan dalam wadah plastik tertutup dan jangan isi terlalu penuh, sisakan 2 cm dari tutupnya.

Simpan keju dalam bungkus aslinya, jika tidak ada bungkus dengan alumunium foil agar tidak mengeras. Jika akan membekukan keju, bungkus dalam plastik kedap bau dan cairan, bekukan keju secukupnya (jangan lebih dari ½ kg)

Incoming search terms:

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>