Home » Menu Sehat » Alpukat, Buah Dengan Manfaat Pengobatan

Alpukat, Buah Dengan Manfaat Pengobatan

iklanRMP2 menu sehat  Alpukat, Buah Dengan Manfaat PengobataniklanRMP3 menu sehat  Alpukat, Buah Dengan Manfaat Pengobatan
 Powered by Max Banner Ads 

Siapa yang tidak tahu buah yang satu ini? Buah ini biasanya dibuat menjadi jus, es campur atau dibuat menjadi masker wajah untuk melembabkan kulit yang kering. Nah selain itu, masih ada fungsi lain dari buah alpukat ini, yaitu untuk menyembuhkan sariawan, kencing batu, sakit kepala, darah tinggi (hipertensi), nyeri saraf (neuralgia), nyeri lambung, saluran nafas membengkak ( bronchial swelling), sakit gigi, kencing manis (diabetes melitus), dan menstruasi yang tidak teratur. Bagian alpukat yang digunakan adalah daging buah, daun dan biji.

Daging buah alpukat untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun alpukat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran nafas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

Pengolahan daging buah, daun dan biji untuk pengobatan

  • Melembabkan kulit yang kering : daging buah dilumatkan sampai halus, kemudian dioleskan pada wajah seperti masker, biarkan mengering lalu bersihkan muka dengan air.
  • Sariawan : daging buah alpukat yang sudah matang diberi 2 sdm madu murni, aduk rata lalu dimakan, lakukan setiap hari sampai sembuh.
  • Sakit gigi berlubang : biji alpukat digiling halus sampai menjadi serbuk, masukkan pada gigi yang berlubang.
  • Kencing batu : 4 lembar daun alpukat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau; semua bahan dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai air tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, disaring, lalu diminum sehari 3 x 3/4 gelas.
  • Kencing manis : biji dipanggang di atas api, lalu potong kecil-kecil dengan golok, godok dengan air bersih sampai air menjadi coklat, saring kemudian diminum setelah dingin.
  • Darah tinggi : 3 lembar daun alpukat dicuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas, setelah dingin minum sekaligus.
  • Bengkak karena peradangan : biji alpukat giling halus sampai menjadi serbuk,ambil serbuk secukupnya, campur dengan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur, oleskan ke bagian tubuh yang sakit
  • Teh dan alpukat untuk menghilangkan rasa sakit kepala, nyeri lambung, bengkak pada saluran nafas, nyeri saraf, dan menstruasi tidak teratur.

 

Incoming search terms:

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>